Wednesday, June 15, 2011

Dunia IT = Dunia yang Kompleks


Di dalam dunia teknologi Informasi banyaklah hal yang harus di pahami akan tetapi kita tidak bisa mengambil alih di semua bidang tersebut karena ketika kita terjun ke dunia IT banyak hal yang harus kita pahami dan pada akhirnya hanya satu hal saja yang dapat kita kuasai untuk menopang kehidupan kita dalam hal materil karena kalau kita melihat dari sisi seorang dokter specialist dan dokter umum sangatlah berbeda. Terutama dalam hal materil yang di dapat, kalau dokter specialist mungkin sangat mengerti dalam satu hal yang berkaitan dengan penyakit manusia maka akan di tangani secara profesional dan akurat sehingga seseorang dapat mempercayai kualitas pengobatan dari dokter spesialis. Akan tetapi dibanding dengan dokter umum biasanya hanya menangani hal-hal yang biasa di derita pasien pada umumnya untuk selebihnya d tangani oleh dokter spesialis.

Nah begitu juga jika kita sebagai programer, system analyst, atau Desainer multimedia sekalipun. Jika kita menggeluti satu dari banyak hal teknologi informatika khususnya maka kita adalah seorang professional IT sepesialis dimata masyarakat. Dan kita harus ingat bahwa kita adalah manusia yang membutuhkan hidup sosial dari masyarakat di sekeliling kita, karena karya yang baik adalah perpaduan antara dari banyak pendapat yang ada dan perpaduan antara keahlian yang terdapat pada setiap orang yang membuatanya.

Misalkan dari hasil penelitian pembuatan program diharapkan memberikan manfa’at bagi bagi pembuat program yang masih pemula rasanya memang cukup sulit memulai jika melihat banyak aturan bahasa program yang cukup banyak. Begitu juga bagi mereka yang telah mahir atau mereka yang bergelut di dunia IT yang kompleks namun tak hanya menggeluti dunia kode program namun juga bidang yang lainnya, kadang kita akan lupa pada sebagian aturan program dalam membentuk sebuah sistem program yang kompleks.


sumber: http://www.3itc.org/

No comments: