Monday, August 23, 2010

Peduli dan Pemanfaatan Data Dalam Pengelolaan Negara

sebelumnya saya sudah pernah membahas masalah kepedulian terhadap data, nahh sekarang saya bahas lagi karena pak dosen meminta untuk membahasnya lg sesuai dengan soal uas kmaren:p dari pilihan yang pak dosen berikan, saya memilih uraian sebagai berikut..

-Data belum dimanfaatkan maksimalkan dalam pengelolaan negara

negara kita ini mempunyai berbagai macam budaya, dari sabang sampai merauke.. kita dapat menemukan berbagai macam informasi, dari yg positif dan negatif.. dari informasi-informasi tersebut, seharusnya apabila kita dapat mengelolanya menjadi sebagai sumber acuan, kita dapan membangun negara kita ini menjadi lebih baik.. Data atau Informasi bukan hanya sekedar di simpan baik-baik.. namun data dan informasi tersebut dapat kita kembangkan menjadi sebuah referensi, sebagai contoh.. pastinya negara mempunyai data yang berkaitan dengan rakyat miskin, dari data-data tersebut, kita dapat mendiskusikan bagaimana menanggulanginya yang agar rakyat miskin di negara kita ini dapat berkurang.. namun yang saya lihat, dari sumber data tersebut hanya terdengar di berita-berita televisi, yang lambat laut lenyap tanpa penghasilan apa-apa.. lalu buat apa data-data tersebut? apa yang mereka lakukan dan apa yang dapat mereka perbuat? jadi menurut saya, sebaiknya kepedulian terhadap data tidak hanya di mulut saja.. tetapi kita harus memanfaatkan data tersebut secara maksimal, agar data tersebut bermanfaat dan tidak menjadi tumpukan sampah...


-Data-data kependudukan, sumber daya, potensi, perekonomian, dsb belum diorganisasikan secara rapi

selain ketidak mampuan untuk memanfaatkan data tersebut, faktor lain yang mumngkin menjadi penghambat ketidak maksimalnya kepedulian data adalah susunan data dan penempatan data tidak tersusun secara rapih.. jadi seharusnya data-data tersebut disimpan sesuai foldernya.. dan di organisasikan sesuai departemennya.. mungkin dengan rapinya data-data tersebut, akan mempermudah kita memanfaatkannya, yaitu tidak terjadinya penyimpangan data yang akan kita peroleh..

No comments: