Wednesday, August 11, 2010

Sistem Informasi Nasional

Sadar atau tidak, informasi merupakan komoditi strategis di abad mendatang. Globalisasi informasi memaksa Indonesia untuk memperhitungkan sistem informasi pendidikan dan pembangunannya supaya tetap kompetitif di era globalisasi. Untuk itu, strategi yang memungkinkan Indonesia serta masyarakatnya membangun sistem informasi nasional-nya perlu dipikirkan sejak sekarang. Hal ini penting untuk lebih meningkatkan local content dan meningkatkan bargaining power Indonesia terhadap luar negeri.
Mengapa infrastruktur/sistem informasi nasional? Bayangkan saja apa jadinya kita jika kebijaksaan pemerintah diputuskan hanya berdasarkan argumentasi "hand-waving" tanpa ditumpu data yang lengkap. Bagaimana dengan koordinasi antar departemen? – sebagai contohnya yaa, penggalian jalan raya untuk telepon/listrik/air minum yang tidak pernah tuntas. Dapatkah dan apakah masyarakat umum dengan mudah mengetahui/mengakses berbagai informasi, pengetahuan teknologi dengan tepat dan berhuna, yang berkaitan langsung dengan kehidupan sehari-hari masyarakat banyak? Semua ini penting dipertimbangkan dalam membangun sistem informasi nasional Indonesia yang kompetitive. Dua faktor/parameter utama yang perlu diperhitungkan dalam strategi pengembangan sistem informasi nasional adalah SDM yang berkualitas dan alternatif sistem/teknologi yang digunakan.

Sistem informasi tertulis yang interaktif umumnya lebih strategis untuk pembangunan masyarakat karena memungkinkan pembentukan sistem yang baik dan memungkinkan seluruh sistem negara menjadi stabil dan merata. Untuk menjangkau pelosok tanah air (Desa tentunya), perlu dipertimbangkan media, teknologi & metoda komunikasi sehingga dapat dibangun secara merata dengan teknologi Indonesia. Hal ini perlu untuk menekan 70-80% ketergantungan peralatan komunikasi import saat ini. Di samping itu, sistem informasi pelosok harus dapat diintegrasikan dengan tulang punggung informasi nasional (national information highway). Pesatnya teknologi informasi berbasis komputer, cepat atau lambat sistem yang dikembangkan harus menggunakan komputer yang terintegrasi dalam jaringan komputer.

No comments: