Wednesday, August 11, 2010

GO Data > kampanye keperdulian terhadap data..

Setiap orang pasti mempunyai karya, dan karya seseorang itu bisa juga di sebut dengan 'data'.. data dalam arti sesungguhnya adalah catatan atas sekumpulan fakta.. kenapa karya adalah data? Karena menurut saya orang berkarya sesuai fakta kreatifitasnya yang menjadi catatan hidupnya.. dan kita harus menghargai sekecil apapun bentuknya, yaitu dengan menjaga dan tidak memplagiatkan karya’a dengan mengcopy dan mengaku-ngaku buah karya orang lain.. selain menjaga keutuhan data pribadi dan karya orang lain.. kita jga harus mengolah data tersebut dengan hati-hati, karena data adalah sekumpulan fakta ilmiah yang kita buat untuk kepentingan individu, atau sesama.. jadi apabila kita mengola data-data tersebut dengan asal-asalan, akibatnya akan berpengaruh terhadap orang lain dan kehidupan kita.. sebagai contoh kesalahan pendataan di negri ini adalah, "pemilihan presiden".. kita semua tau bahwa setiap warga Negara Indonesia yang mempunya KTP berHak memilih pemimpin yang menurtnya dianggap pantas untuk memimpin, namun karena adanya kesalahan dan keteledoran pengolahan data, banyak masyarakat Indonesia yang protes Karena tidak tercantum sebagai pemilih di pemilu tersebut.. dan juga tidak sedikit orang yang mempunyai lebih dari satu kali untuk memilih.. yang hasilnya hasil pemilihan presiden belum sepenuhnya di pilih oleh seluruh rakyat Indonesia, karena HAKnya tidak dipergunakan..

Contoh lain dari keteledoran pendaataan adalah, "BLT (bantuan langsung tunai)" yang katanya untuk membantu meringankan rakyat kecil akibat dari krisis global, tapi pada kenyataannya tidak semua rakyat yang tergolong miskin mendapatkan hak BLTnya. Mungkin pada saat pendataan untuk rakyat miskin tersebut ada yang tidak terdata atau data yang tidak terupdate sehingga apabila ada masyarakat termasuk rakyat miskin baru karena imbas krisis global berkepanjangan tidak mendapatkan haknya pula. Ini berarti mengindikasikan pula kurang pedulinya pemerintah terhadap data-data yang terupdate.

jadi suatu data yang baik akan menghasilkan informasi yang akurat dan jelas, dan perlu juga dilakukan pengupdatean data sehingga informasi tersebut selalu terjaga kebenarannya. Bukan hanya pemerintah yang harus memperbaiki sistem dan harus lebih peduli terhadap data tapi kita sebagai personal harus peduli pula dan membantu pula supaya gerakan terhadap kepedulian data ini dapat segera di lakukan karena kalau tidak segera terlaksana untuk melakuan perubahan terhadap data dan lebih peduli lagi, maka hal-hal kisruh yang terjadi karena kurangnya peduli tersebut akan terjadi kembali di tahun-tahun mendatang.

No comments: